Senin, 07 Oktober 2013

MATEMATIKA PRA SEKOLAH PART 3

Apa kabar Bunda???? Bagaimanakah perkembangan buah hati Bunda saat ini.
Untuk Bunda yang memiliki putra/putri di bawah usia 5 tahun, tentu repot ya? tapi kerepotan itu terbayar dengan sikap lucu mereka ya Bun?
Rinduuuu kalau tak berjumpa walau cuma beberapa jam saja.

Saya ingin melanjutkan tips mengenalkan MATEMATIKA bagi bunda yang masih memiliki putra/putri pra sekolah, semoga dapat dijadikan sebagai salahsatu sarana bermain kreatif dan edukatif ya bunda. Selamat mempraktekkan...................



LIHAT LAGI, LIHATLAH  BERKALI-KALI
( mendeskripsikan obyek dengan teliti)

Bahan : benda-benda yang menarik perhatian anak (di luar ruangan) seperti daun, kerang, batu, bisa juga bintang atau apa saja yang ingin diteliti.


PETUNJUK:
Carilah waktu khusus bagi si anak dan manfaatkan untuk meneliti benda dari dekat. Bicarakan dengan anak cirri-ciri khusus sebuah benda. Diskusikan dengannya tentang bentuk, tekstur, warna, baunya, beratnya dan bagaimana geraknya. Penelitian ini akan lebih menarik kalau orang tua menggunakan kaca pembesar. Lihatlah benda tersebut berkali-kali. Ajak si anak untuk terus menyebutkan cirri-ciri benda sampai yang paling detil. Kalau permainan ini dilaksanakan di luar ruangan Insya Allah akan diminati si anak.


UANG DI SINI, BATU DI SANA
(memisahkan dan menghitung kumpulan benda)

Bahan: kotak sepatu bekas, sejumlah benda-benda kecil ( 5-10 buah ), batu-batu, kelereng, makroni, uang logam dan kancing baju.

PETUNJUK:
Semua benda ditebarkan. Tunggu reaksi anak. Untuk beberapa saat biarkan ekspresinya lepas dengan tetap terkontrol. Pelan-pelan kita kenalkan nama-nama benda berikut fungsinya. Mintalah anak untuk memisahkan benda-benda sesuai dengan jenisnya. Batu dengan batu, kancing dengan kancing, uang logam dengan uang logam. Setelah anak dapat meyebutkan kelompok benda dan namanya, mintalah dia menyebutkan kelompok mana yang banyak dan sedikit. Lakukannlah permainan ini bertahap dan santai. Karena target kita hanya pengenalan dan pembiasaan. Bila anak belum bisa mengikuti permainan, jangan memaksakan diri, besok atau lusa kita dapat mencobanya lagi.

Perhatian! Jangan tinggalkan anak tanpa pendamping jika sedang bermain dengan benda-benda yang mudah ditelan.


semoga Bermanfaat
ohya bunda, masih ada lagi tips berikutnya dari matematika pra sekolah ini lho, maka ikuti terus ya tulisan-tulisan saya di blog ini

Salam Cinta Buah Hati (SCBH)



Tidak ada komentar: