Selasa, 08 Oktober 2013

YUK BELAJAR DAN BELAJAR LAGI

"Maaaas..... sholat."
"Deeeek..... mandi....."
"kakaaaaak..... belajar...."
hampir setiap hari selama bertahun-tahun aku melakukan ritual "menyebalkan" itu, maksudnya "menyebalkan" bagi anak-anak. Saya yakin banyak diantara bunda yang melakukan hal serupa dengan yang kulakukan. Mungkin dengan versi yang berbeda. Bayangkan betapa be te nya putra putri tercinta kita dengan kebawelan kita itu.

Dan jelas sangat tidak efektif apa yang kulakukan selama bertahun-tahun. Yang terjadi bahkan timbul rasa kesal, jengkel, jika anak-anak tidak segera melakukan yang kita inginkan. Duh, suasana rumah jadi tidak nyaman. Semakin besar putra putri kita, semakin pandai pula membuat argumen untuk setiap yang kita minta lakukan. Aku benar-benar terjebak dalam ritual yang membuat lelah hati dan fikiran.
Aku mulai mengevaluasi caraku mendidik mereka. Yah, selama ini aku mendidik mereka dengan ilmu ala kadarnya, sehingga kelelahan yang kudapat.
Aku mulai membaca banyak buku tentang pendidikan anak, mengikuti seminar, likakarya, workshop dan lain sebagainya. Aku juga semakin sering bersilaturrahmi kepada keluarga-keluarga yang memiliki putra putri seusia putra putriku, dari mereka aku bisa belajar banyak cara yang bisa aku jadikan acuan untuk menangani putra putriku.

Berbulan-bulan kemudian hasil dari upaya belajarku membuahkan hasil.
Akan ku ceritakan pada bunda semua bagaimana kemudian aku dan putra putriku memperbaiki keadaan dalam rumah kami.
Bunda, kita adalah sekolah pertama bagi putra putri kita, sebagai sekolah sudah selayaknyalah kita mengupgrade terus menerus ilmu yang kita miliki agar kita tak lagi menggunakan ilmu yang itu-itu saja dalam mendidik putra-putri kita. Yuk Belajar lagi dan lagi, pantaskan diri kita untuk menjadi Bunda yang disayangi dan disegani putra putri kita.

Salam Cinta Buah Hati (SCBH)





Tidak ada komentar: